customer care
Cs1     Cs2    Cs3

Tips Memperbaiki AC Split


          Kerusakan-kerusakan yg terjadi pada AC Split adalah kebocoran freon, ini dapat ditandai dengan adanya salju pada bagian atas evaporator dan pipa instalasi yg berukuran 1/4 yg menyambung kebagian outdoor unit. selain kebocoran freon masih ada lagi kerusakan-kerusakan yg lainnya. mengapa AC Split tidak mau dingin???.
  1. Cek pada remote control AC, apa posisi operation mode berada pada posisi cool? bila tidak pada posisi cool, pindahkan pd posisi cool.
  2. Cek pada remote control AC, apa posisi pengaturan suhu terlalu tinggi? bila terlalu tinggi, turunkan pada suhu yg terkecil.
  3. Cek outdoor unit AC, apakah dapat power supply dari indoor unit? Anda bisa lihat, apa fan motor outdoor unit berputar atau tidak? bila tidak berputar berarti belum mendapatkan aliran listrik dari indoor unit.
  4. Cek pada outdoor unit AC, apa pipa AC yg berukuran kecil mengeluarkan salju/es? jika mengeluarkan salju/es berarti unit AC ada kebocoran freon.cari kebocoran, perbaiki dan isi freon kembali. 
  5. Cek pada outdoor unit, ukur tekanan freon dengan manifold dan ukur ampere compressor. nilai ampere compressor yang normal dapat Anda lihat pada tabel spesifikasi disisi indoor unit.

              Tekanan freon yang normal, jika tidak terjadi kebocoran freon pada unit AC adalah 75 psi (pada saat compressor  beroperasi)

              Pada saat compressor tidak beroperasi tekanan freon bila di ukur dengan manifold adalah 150 psi.

             Jika fan motor outdoor beroperasi, tetapi compressor tidak dapat start berarti ada kerusakan pada bagian compressor sbb:
           - mekanik pd compressor rusak, ini dapat menyebabkan compressor
              macet/tidak dapat beroperasi.
           - overload pd compressor rusak.
           - running capasitor rusak.
           - kabel-kabel yg menuju ke compressor terputus/terbakar.
           - gulungan dinamo pd motor compressor sudah tidak bagus.ini dapat
              ditandai dengan ampere yang begitu tinggi/diatas batas normal.
  6. AC Split mati total??? yang harus Anda periksa pertama kali adalah, MCB yang berada pada box pembagian listrik. -periksa apa ada MCB yang khusus buat power supply AC turun? bila ada yg turun segera naikan kembali. -periksa sikring yg ada pada steker dan komponen PCB Control Module AC  Anda, bila putus ganti dengan sekring yang baru. -periksa juga trafo power supply yg berada pada komponen modul, apakah berfungsi dengan baik. bila MCB untuk power AC sudah dinaikan, sekring pada steker dan sekring yang ada pada komponen PCB sudah diganti dengan sekring yang baru. lalu AC Split kembali dioperasikan, tetapi tidak lama kemudian MCB turun lagi berarti: ada korsleting pada AC Split anda, biasanya yang korsleting ada pada bagian outdoor unit, yaitu compressor sudah contact body. atau MCB yang Anda gunakan untuk power supply AC Split anda terlalu kecil nilai ampernya.
  7. Pada saat AC dioperasikan, lampu timer pada indoor unit berkedip-kedip, ini menandakan thermis (sensor suhu) yang ada pada komponen PCB module control rusak. solusinya adalah: ganti thermis dengan yg baru (thermis penempatannya ada di evaporator)
  8. Ketika AC Split dioperasikan dengan remote control, AC tidak mau start, tetapi bila bila dioperasikan dengan menekan tombol manual yang berada pada indoor unit, AC Split mau start. solusinya adalah: cek sensor remote yg berada pada bagian komponen PCB Control Modul, mungkin terkena air. keringkan sensor dengan cara mengelapnya, periksa juga battery pada remote control mungkin sudah lemah. cek juga remote controlnya mungkin rusak karena terjatuh.
  9. Ketika AC Split dioperasikan, fan motor pada indoor berputar kencang lalu berhenti tidak beroperasi sama sekali. kerusakan ada pada fan motor indoor, ganti fan motor indoor dengan yg baru.
  10. Ketika AC Split dioperasikan, 15 menit kemudian air menetes dari bawah sisi indoor unit.(AC Split dalam kondisi normal/dingin) talang air/selang pembuangan air pada indoor unit sudah penuh dengan lumut, cuci ac dengan mesin steam. Pada ac split yg menggunakan evaporator leter L, berarti mempunyai dua talang air yaitu diatas yg menyatu pada body indoor unit dan satunya berada dibawah yg bisa anda lepaskan dari indoor unit. bila talang air yg dibagian bawah sudah dibersihkan tetapi yg atas tidak dibersihkan kebocoran air masih saja tetap terjadi. Untuk lebih jelasnya baca artikel perbaiki AC bocor air.
  11. Pada saat AC Split dioperasikan, compressor pada outdoor unit mengalami overload/compressor tidak bekerja karena panasnya melebihi dari 130 derajat. solusinya adalah: -cek amper compressor dengan tang ampere -periksa overload apakah masih berfungsi dengan baik. -periksa oli yang ada pada compressor, bila kurang oli tambahkan dengan oli compressor. -ganti strainer dan pipa kapilernya yg mungkin sudah tersumbat. -bersihkan outdoor unit apabila condenser tertutup oleh debu/kotoran. -buka plat pembatas ruangan compressor, agar panas compressor dapat dibuang oleh fan motor outdoor unit. Baca artikel tentang Compressor
  12. Pada saat AC Split dioperasikan dan sewaktu indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit, compressor berbunyi kencang dan AC Split tidak mengeluarkan dingin. solusinya adalah:
  • Cek running capasitor, bila rusak ganti dengan yg baru.
  • Bila running capasitor dalam kondisi baik, berarti compressor mengalami kemacetan pada mekanik compressornya dan anda harus mengganti compressor dengan yg baru apabila cara dibawah ini tidak berhasil memutar mekanik compressor.
tips mengatasi compressor macet
  • pergunakan starting capasitor atau perbesar nilai micro pada running capasitor.
  • balik putaran arah compressor dengan memindahkan kabel power yg berada pada running capasitor keposisi kaki running capasitor yg disebelahnya dan coba dlm beberapa detik, setelah itu kembalikan pada posisi semula.
  • masukan tekanan freon pada pipa hisap/suction ketika compressor mulai start.
  • pukul dengan martil pada bagian mekanik compressor.
  • naikkan tegangan listrik untuk mencoba memutar mekanik compressor.



Next Prev Prev
 
© Privacy and Security - Term of Use - Hyperlink Policy © Copyright Global Electronic 2007. All rights reserved - Designed by harnods.info