customer care
Cs1     Cs2    Cs3

Mengapa Suhu Ruangan Kurang Dingin Saat AC Dinyalakan



       
          Perlu kita ketahui pencucian atau maintenance unit AC sangat disarankan 3 bulan sekali untuk area yang berdebu dan 4 bulan sekali untuk area yang tidak berdebu, baca artikel cara cuci AC. Semakin berdebu area lebih disarankan sesering mungkin dalam melakukan cleaning AC. Untuk filter unit AC disarankan sesering mungkin dibersihkan atau dicuci 1 minggu sekali. Periksa seting temperature pada remote. Keadaan temperatur AC harus lebih rendah daripada temperatur ruang dengan perbedaan suhu ruang dan suhu luar ruangan 8 derajat celcius untuk standar normal kesehatan.
AC Kurang dingin bisa disebabkan karena benerapa faktor seperti yang dijelaskan dibawah: 

  • Periksa mode operasinya, soft dry, cool,auto atau fan mode. Tujuan dari "soft dry" hanya untuk memidahkan kelembaban di ruangan bukan untuk pendinginan. Yakinkan bahwa keadaannya adalah "cooling mode" untuk pendinginan ruangan unit outdoor nyala. "Fan" untuk menyalakan kipasnya saja tanpa menghidupkan unit outdoor / kompresor. 
  • Periksa "fan mode". Jika Anda set kecepatan fan ke LOW/MED atau CHAOS MODE, maka AC tidak dapat melakukan proses pendinginan. Jika Anda menginginkan udara yang dingin, silahkan set "cooling mode" lebih besar/tinggi. 
  • Periksa seting temperature pada remote. Keadaan temperatur AC harus lebih rendah daripada temperatur ruang dengan perbedaan suhu ruang dan suhu luar ruangan 8 derajat celcius untuk standar normal kesehatan. 
  • Periksa unit pipa pada outdoor kalau pipa besar berbunga es unit RAC kotor disarankan untuk dicuci, baca artikel Tips Cleaning AC. Dan bila pipa kecilnya berbunga es maka unit RAC kurang freon (ada kebocoran freon). 
  • Kapasitas RAC bisa dihitung dengan rumus:
                                               PxLx500= .....Btu
               P = Panjang, L = Lebar, 500 = Kebutuhan kalori yang dibutuhkan manusia.
    atau
                                      PxLxTx225= ....Btu
              (225 adalah nilai pendekatan untuk menghitung Btu)
                  Jika pemakaian Rac kapasitasnya terlalu kecil untuk ruangan yang besar maka suhu ruangan akan tinggi atau pendinginan ruangan tidak mencukupi. Baca cara menentukan besar kapasitas AC yang sesuai dengan ruangan. 
  •  Daya yang ada dengan melihat MCB atau fuse yang terpasang (daya yang masuk kedalam rumah)
                                         AxVx0,9= ...Watt
             A= Ampere, V= Voltage, 0,9= Cos p (koefisiensi pemakaian) 
  • Voltage yang ada bisa dilihat dari sering tidaknya lampu redup. Untuk voltage yang ngedrop/turun disarankan untuk memakai stabiliser. 
  • Periksa kondisi unit outdoor. Jika penutup untuk udara dingin pada unit outdoor terhalangi, maka kompressor tidak akan dapat bekerja. Begitu pula jika ada penghalang di depan unit outdoor, penghisap udaranya akan menjadi terganggu. Usahakan adanya ruang antara dinding, langit-langit atap rumah, penghalang lainnya. 
  • Periksa udara panas yang keluar dari bagian dalam. Jika udara panas yang keluar masuk ke ruangan, maka temperature ruang akan menjadi turun. Silahkan sekat pembuangan udara panas yang masuk ke ruangan. 
  • Jika ada sinar matahari yang masuk ke ruangan secara langsung, silahkan disekat pada bagian tersebut. Bisa dengan gorden maupun filter kaca. 
  • Periksa kondisi unit outdoor. Jika penutup untuk udara dingin pada unit outdoor terhalangi, maka kompressor tidak akan dapat bekerja. Begitu pula jika ada penghalang di depan unit outdoor, penghisap udaranya akan menjadi terganggu. Usahakan adanya ruang antara dinding, langit-langit atap rumah,penghalang lainnya. Lihat artikel Bongkar Pasang AC 
  •  Periksa perbedaan/jarak indoor dan outdoornya. Panjang pipa (idealnya) = 5m
     *Jika pipa antara indoor ke outdoor terlalu panjang, maka kapasitas AC akan menurun.



Next Prev Prev
 
© Privacy and Security - Term of Use - Hyperlink Policy © Copyright Global Electronic 2007. All rights reserved - Designed by harnods.info