Motor Listrik AC 1 Fasa


       Pada sambungan listrik rumah tangga kebanyakan menggunakan sambungan listrik 1 fasa, Sangat jarang pelanggan listrik rumahan menggunakan sambungan listrik 3 fasa. Hal ini dikarenakan biaya beban sambungan listrik 3 fasa lebih mahal daripada 1 fasa, sehingga kurang efisien bila sambungan rumah keluarga menggunakan sambungan 3 fasa. Sambungan listrik 3 fasa banyak kita temui pada rumah rumah besar, ruko, perkantoran.

       Dari keterangan diatas maka dalam perancangan peralatan rumah tangga pabrikan elektronik menggunakan peralatan 1 fasa dalam design produknya. Motor listrik AC 1 Fasa banyak digunakan pada peralatan listrik rumah tangga, misalnya air conditioner, kipas angin, pompa air, mesin cuci, lemari es, mixer dan sebagainya. Karena bentuknya yang sederhana dan harganya yang relatif murah motor induksi 1 fasa banyak dipakai untuk keperluan motor-motor kecil. Struktur motor induksi 1 fasa hampir sama dengan motor induksi 3 fasa. Motor AC 1 fasa berkapasitas kecil ini sering dikenal dengan nama Fraction Horse Power Motor, dibuat dalam berbagai macam type sesuai dengan kebutuhan.

       Disebut motor 1 fasa karena untuk mendapatkan daya mekanik hanya dipelukan sumber satu fasa, pada dasarnya motor satu fasa mempunyai prinsip kerja motor dua fasa, hal ini disebabkan karena pada lilitan statornya terdiri dari dua lilitan, yaitu lilitan utama dan lilitan bantu dan diantara keduanya mempunyai beda fasa 90 derajat Listrik. Dari kedua fluks yang ada pada lilitan stator tersebut maka terjadilah suatu medan magnit putar sehingga motor dapat berputar.
Ada beberapa jenis motor AC 1 fasa yang banyak digunakan diantaranya adalah:
  1. Motor fasa belah (splite phasa)
  2. Motor kapasitor, terbagi menjadi tiga jenis yaitu:
    · Motor kapasitor start (starting capasitor)
    · Motor kapasitor Running (Running capasitor)
    · Motor kapasitor Start-running (Starting running capasitor)
  3. Motor repulsi (repultion motor)
  4. Motor kutub bayangan (shaded pole motor)
  5. Motor universal (Universal motor)



Next Prev Prev
 
© Privacy and Security - Term of Use - Hyperlink Policy © Copyright Global Electronic 2007. All rights reserved - Designed by harnods.info