Mengatasi BlackBerry Tidak Bisa Mengirim SMS ke HP Lain

       

Banyak kita jumpai BlackBerry maupun handphone lainnya tidak Bisa Mengirim SMS ke HP Lain. Hal ini adalah hal yang sering terjadi, masalah SMS tidak bisa terbuka pada handphone lain bukanlah karena hanphone anda rusak, namun disebabkan karena perbedaan setting data coding yang digunakan antara pengirim dan penerima SMS. Untuk lebih jelasnya lihat uraian berikut:

          Pada dasarnya semua pesan yang dikirim dengan SMS-MT (melalui aplikasi perangkat lunak) dan SMS-MO (melaui ponsel) panjang pesan hanya dibatasi pada 160 karakter untuk satu satuan SMS, Hal ini digunakan untuk memperkecil data GSM Operator. Lebih jelasnya, data sms dibatasi sepanjang 140 octets atau 1120 bits. Pembatasan ini telah mencakup proses untuk encoding-decoding dengan standar abjad yang berbeda untuk system ponsel atau jaringan yang berbeda. Ukuran standardnya adalah dengan 7 bit alfabet, kemudian mulai dikembangkan standard 8 bit alfabet dan yang terbaru 16 bit UTF-16 alfabet (UCS2).
  • Maksud dari 7 bit alphabet adalah standard untuk karakter huruf inggris (UK) termasuk yang dipakai di Indonesia. Dan panjang karakter maksimal per SMS adalah 160 karakter (semua karakter termasuk spasi).
  • Sedangkan untuk 8 bit, karakter maksimal hanya 140 karakter.
  • Untuk 16 bit alfabet maksimal 70 karakter termasuk pengembangan emoticon, yakni karakter khusus yang berbentuk symbol ekspresi atau sering disebut smilies () yang merupakan kombinasi dari beberapa karakter (bahasa system), dan diperutukan pada Beberapa system yang menggunakan standard ini (pada hanphone teknologi baru--termasuk BlackBerry). Ada pula karakter-karakter khusus seperti huruf Arab, Jepang, Korea dll yang juga menggunakan tipe standard 16 bit. Standard 16 bit sendiri merupakan karakter Unicode UCS2 yang dapat melakukan proses encoding-decoding.

          Perkembangan dari segi ukuran lainnya adalah SMS dapat pula menerjemahkan data biner yang merupakan bentuk selain teks seperti nada dering, gambar, logo atau teks untuk operator dll yang memanfaatkan sisa 1120 bits ini. Keterbatan karakter SMS ini kemudian memunculkan konsep baru yaitu Long SMS. Yang kemudian memungkinkan untuk dapat mengirimkan pesan singkat panjang namun tetap dengan sisa ruang 1120 bits. Perkembangan ini berhasil memunculkan kekuatan baru SMS namun kapasitas maksimal tiap satuan SMS tetap mengacu pada ketiga standard (7 bits, 8 bits, atau 16 bits / UCS2). Prosesnya adalah memecah pesan bila lebih dari karakter maksimal melebihi standard. Dimulai dengan pengkategorian User data Header berisi informasi segmentasi, kemudian mengirimkannya masing-masing sebagai satu pesan SMS. Setelah sampai di ponsel tujuan, system ponsel penerima akan menterjemahkan kembali pecahan Long SMS tersebut menjadi satu SMS.

          Masalah BlackBerry ataupun handphone lain berteknologi baru tidak bisa mengirim SMS ke HP Lain selain BlackBerry atau ke HP teknologi lama (Handphone Jadul....) hanyalah karena perbedaan teknologi masing-masing system ponsel. Sebagai contoh jika ponsel penerima hanya menggunakan standard 7 bit, dan pengirim SMS menggunakan data coding 16 bit / UCS2 maka satu pesan SMS tersebut tetap diterjemahkan kedalam SMS yang membuat SMS terpecah dan menjadi beberapa pesan teks yang berbeda ataupun SMS tidak bisa terbaca di handphone penerima.

Untuk mengatasi SMS BlackBerry tidak terbaca pada HP lain silahkan masuk ke Text Messeges >>> Options >>> ganti Data Coding yang digunakan UCS2 menjadi menjadi 7 bit (OS6).



Next Prev Prev
 
© Privacy and Security - Term of Use - Hyperlink Policy © Copyright Global Electronic 2007. All rights reserved - Designed by harnods.info