customer care
Cs1     Cs2    Cs3

Tips Memilih Wireless LAN

Perhitungan Wireless LAN

     Beragam pertanyaan muncul ketika mengatur koneksi jaringan wireless. Contohnya,  apa daya transmisi akses point yang tersedia bisa melalui jarak tertentu, berapa jarak maksimum yang memungkinkan jarak akses point dan penerima sinyal agar kualitas sinyal tetap terjaga, atau bagaima anda memilih model yang cocok dari beragam antena yang ada? Misalnya kita ingin membuat jaringan hotspot, rtrw net, maupun membuat jaringan internet sharing di rumah dan kantor. Perhitungan Wireless akan menyediakan jawaban bagi pertanyaan anda. Jaringan wireless aktual juga dipengaruhi oleh kondisi jaringan dan faktor lingkungan.
Perhitungan wireless terdiri dari 3 fungsi :
  1. Menghitung Jarak
  2. Menghitung Anggaran Biaya Jaringan Wireless
  3. Pemilihan Antena Wifi
Fungsi mana yang akan anda pilih?
  • Jika anda ingin melihat kemungkinan jarak maksimum untuk penerima dan pemancar ketika mempertahankan kualitas yang diinginkan saat tingkat pengiriman data berbeda, anda dapat memilih fungsi penghitung jarak.
  • Jika anda ingin mencari antena pemancar dan penerima yang cocok dari beragam antena yang mana dapat memenuhi kebutuhan akan performa yang bagus pada jarak tertentu, anda dapat memilih fungsi pemiihan antena.
  • Jika anda ingin melihat kehandalan koneksi wireless anda ketika mengirim dan menerima saat bekerja pada jarak tertentu, anda dapat memilih fungsi penghitung anggaran jaringan.

Perhitungan Jarak Wifi

          Mayoritas kekuatan dari sinyal radio / Wifi akan hilang di udara. Bahkan di area hampa udara, gelombang radio kehilangan energinya ketika sebagian energi selalu terpancar ke arah selain sumbu jaringan. FSPL (Free Space Path Loss) mengukur kekuatan yag hilang dalam ruang bebas tanpa hambatan. Jadi untuk pengguna, ini sangat penting untuk diketahui jarak perkiraan antara penerima dan pengirim ketika mempertahankan kualitas jaringan yang baik saat menggunakan tingkat pengiriman data yang berbeda.Klik Disini untuk melihat spesifikasi dan jenis Wireless Wifi

Rumus Terkait
FSPL tergantung pada dua parameter: Pertama adalah frekuensi sinyal radio wifi, kedua adalah jarak transmisi nirkabel. Rumus berikut dapat mencerminkan hubungan antara mereka.


FSPL (dB) = 20log10(d) + 20log10(f) + K
d = distance (jarak)
f = frequency (frekuensi)
K= konstanta yang bergantung pada satuan yang digunakan untuk d dan f


Jika d diukur dalam kilometer, f dalam MHz, formula adalah:


FSPL (dB) = 20log10(d)+ 20log10(f) + 32.44


Dari rumus diatas, Free Space Path Loss dapat dihitung dengan persamaan berikut:


Free Space Path Loss = Tx Power - Tx Kabel Loss + Tx Antenna Gain + Rx Antenna Gain -  Rx Kabel Loss - Sensitivitas Rx - Fade Margin 


Dengan dua persamaan di atas Free Space Path Loss, kita bisa mengetahui Jarak dalam km.


Distance (km) = 10(Free Space Path Loss – 32.44 – 20log10(f))/20


Zona Fresnel adalah area sekitar visual yang line-of-sight bahwa gelombang radio menyebar meninggalkan antena. Anda ingin garis yang terlihat jelas untuk mempertahankan kekuatan, terutama untuk sistem nirkabel 2.4GHz. Hal ini karena gelombang 2,4 GHz diserap oleh air, seperti air yang ditemukan di pohon. Aturan praktis adalah:


FSPLr=17.32*√(d/4f)
d = distance [km]
f = frequency [GHz]
r = radius [m]


Perhitungan Anggaran Jaringan Wifi 

     Anggaran jaringan nirkabel untuk point-ke-point jaringan radio wifi untuk semua penerimaan dan kehilangan dari pengiriman radio ( sumber sinyal radio), melewati kabel, antena dan daerah terbuka ke peneriman sinyal. Mengestimasi nilai dari "kekuatan dalam bagian berbeda dari jaringan radio adalah sedapat mungkin dibuat desain terbaik dan pilihan peralatan yang paling cocok.
      Anggaran jaringan selalu mengacu pada perhitungan Fade Margin dan System Operating Margin. Nilai pasti dari Fade margin diperluan oleh sistem Wifi tergantung pada jaringan yang diinginkan, tapi sederhananya adalah 20 - 30 dB.
      Untuk kegunaan, khususnya kepada yang ingin tahu kehandalan koneksi nirkabel ketika mengirim dan menerima saat bekerja pada jarak tertentu, fungsi ini sangat ideal.
Catatan:

  • Sangat baik:  Link harus bekerja dengan keandalan yang tinggi, ideal untuk aplikasi yang menuntut kualitas link tinggi. Tingkat margin memudar lebih dari 22dB.
  • Baik: Link harus memberikan pengalaman berselancar yang baik. Tingkat margin memudar adalah 14 ~ 22dB.
  • Normal: Link tidak akan stabil sepanjang waktu, tetapi seharusnya bekerja dengan baik. Tingkat margin memudar adalah 14dB atau lebih rendah.
Rumus Terkait
Fade Margin = Sinyal Diterima - Sensitivitas Penerima
Dimana
Received Signal = Tx Power - Tx Cable Loss + Tx Antenna Gain - Free Space Path Loss + Rx Antenna Gain - Rx Cable Loss


Pemilihan Antena Wifi

     Untuk aplikasi wifi di luar ruangan, antena adalah alat yang sangat penting. Antena yang cocok dapat membantu anda mempertahankan kualitas jaringan yang baik di saat yang bersamaan anda menghemat uang anda. Untuk pengguna, ini sangat penting untuk mencari antena yang cocok. Dalam fungsi ini, anda dapat mencari antena pengirim atau penerima yang cocok dari beragam antena wifi yang tawarkan untuk mencari antena yang tepat untuk anda yang dapat mempertahankan kualitas jaringan yang baik.Klik Disini untuk melihat spesifikasi dan jenis Antenna Wireless


Rumus Terkait
Untuk menemukan antena wifi yang cocok, dapat dilakukan dengan menghitung gain antena dari dua persamaan Ruang Bebas Path Loss .


Untuk mengetahui Gain Antena Pemancar (asumsi Anda memiliki informasi / Datasheet Antena Penerima Gain)


Sensitivity + 32.44 + 20 log10(f) + 20 log10(d) - Rx Antenna Gain
d = distance [km]
f = frequency [MHz]


Untuk menggunakan fungsi ini, Anda perlu mengetahui jarak & marjin penurunan dan pilih pemancar & penerima akses point, kabel opsional & antena penerima.


Untuk mengetahui Penerima Gain Antena (asumsi Anda memiliki informasi / Datasheet Antena Pemancar)
Rx Antenna Gain = Fade Margin - Tx Power + Tx Cable Loss + Rx Cable Loss + Rx Sensitivity + 32.44 + 20 log10(f) + 20 log10(d) - Tx Antenna Gain
d = distance [km]
f = frequency [MHz]



Next Prev Prev
 
© Privacy and Security - Term of Use - Hyperlink Policy © Copyright Global Electronic 2007. All rights reserved - Designed by harnods.info